Selasa, 10 Februari 2009

Surat Cinta di Hari Valentine

HARIgini masih surat-suratan? Memang sih,kesannya so yesterday banget.Tapi tahu enggak,kalo kirim-kiriman surat, sensasinya bisa berlipat-lipat dari kirim SMS atau teleponan? Enggak percaya?

Buktinya,di masa orientasi sekolah (MOS), baik itu SMP atau SMA,hampir pasti ada acara kirim-kiriman surat cinta dari murid baru ke seniornya.Di acara ini, si murid baru alias junior biasanya disuruhuntukmengirim surat cinta ke salah satu kakak panitia MOS yang paling disukaiataudibencinya.

Kenapa harus surat cinta karena surat cinta yang terkesan jadul itu, justru bisa ngasih sensasi degdegan yang asyik banget buat si penerima surat cinta. ”Dapat surat cinta tuh seru, asyik, sekaligus deg-degan. Apalagi kalau yang ngasih itu orang yang kita suka. Nah, MOS itu kan selain untuk mengakrabkan juga buat seru-seruan, jadi ngirim surat cinta pas banget buat dipake,” kata Bagus,kelas XII IPA SMA 4 Jakarta, yang waktu MOS dapat 40 surat cinta dari adik kelasnya.

Wuiihh! Masih kata Bagus, surat cinta yang ditulis dengan tangan, punya nilai personal yang tinggi.Tahu grafologi? Itu tuh, ilmu membaca kepribadian seseorang dengan melihat tulisan tangannya. Nah,kalau kita menulis surat dengan tulisan tangan, si pengirim sebenarnya bisa sedikit menebak kepribadiannya.

Namun, walaupun enggak tahu grafologi,seenggaknya kita bisa tahu tulisan tangannya seperti apa,dan bisa nebak-nebak kalau tulisannya seperti itu, kepribadiannya kira-kira seperti apa. ”Pokoknya walau sekarang ada HP, SMS,Facebook, tapi surat cinta walau jadul tetap ada nilai lebihnya deh,” cerocos Bagus. Enggak cuma dari tulisan aja, kepribadian si penulis juga bisa dilihat dari isi tulisannya.

Dari kata-katanya, kita bisa tahu, apakah si pengirim tipe orang yang romantis puitis,sederhana,tapi memikat, tukang gombal, atau garing abis. ”Gue pernah dapat surat cinta yang isinya garing abis. Pengin puitis, pake kata-kata: ‘aku belum pernah mengenal wanita seperti kamu sebelumnya. Kamu berbeda’. Itu kan l e b a y banget.

Jadi bisa ketahuan deh mana yang memang asyik, mana yang tukang tipu doang,” celoteh Gesta,murid kelas XI SMA 59 Jakarta. Jadi, surat cinta punya kekuatan buat bikin si penerima alias target, punya ”kesan pertama” yang positif sama kita. Simak aja nih, pengakuan Bagus waktu dapat surat cinta dari seorang cewek adik kelasnya waktu MOS, juga waktu dia ngirim surat cinta ke kakak kelasnya yang jutek waktu dia masih junior.

”Ada tuh surat cinta yang bikin gue deg-degan banget. Isinya singkat aja, cuma 3 kalimat. Salah satunya, ‘Kakak itu terlalu sempurna untuk digambarkan’.Sayang, gue enggak bisa pacaran sama dia. Dia enggak boleh pacaran sama orangtuanya,” katanya sendu.

”Sedangkan waktu gue baru masuk SMA, gue ngirim surat ke kakak kelas cewek yang jutek. Di surat, gue pujipuji dia. Eh, setelah itu, dia jadi baik sama gue. Suka senyum-senyum gitu sama gue,”kata Bagus ngakak. Nah, sekarang kebayang kan, kekuatan surat cinta. Walau sekarang banyak yang bilang kalau bikin surat cinta tuh sudah enggak zaman dan konyol,tapi coba lihat deh sekeliling kita.

Di film-film, pasti rasanya romantis banget kalau tokohnya menerima surat cinta dari seseorang. Yang pernah nonton film P.S I Love You pasti tahu kalau pemeran utamanya bisa sembuh dari patah hati karena selalu membaca kiriman surat dari suaminya yang sudah meninggal. Atau yang sudah nonton film Sex and The City, pasti ingat adegan Mr Big ngomong ke pacarnya, Carrie Bradshaw, dengan lembut, ”forever mine, forever your’s, forever our’s”, yang kata-katanya diambil dari surat cintanya, Beethoven.

Dan tau enggak, gara-gara kalimat Mr.Big ini,akhirnya ada penulis yang khusus bikin buku tentang surat-surat cinta dari para tokoh terkenal. Intinya, surat cinta enggak akan lekang dimakan waktu. Kalau kamu menganggap surat cinta sudah basi, justru kalau kamu melakukan sesuatu yang basi,pasti jadinya malah beda sama yang lain,kan?

Untuk Valentine

Nah,kalau mulai kepikiran untuk mengirim surat cinta ke gebetan atau pacar pas Valentine nanti, siapin dari sekarang. Surat cinta di sini, maksudnya enggak harus selalu surat cinta yang panjang berlembar-lembar. Bisa aja surat cinta yang cuma beberapa baris, atau malah puisi tentang cinta. Singkat tapi nendang.

Kamu juga enggak harus ngasih surat cinta aja pas Valentine.Kalau masih malu, surat atau puisi bisa kamu selipkan di kado atau cokelat yang kamu kasih ke dia.Pasti deh, dia bakal terkejut senang atau terkesan sama hadiah yang enggak terduga itu. Sekali-kali, dia hari Valentine, kan harus bikin yang spesial,iya enggak?

Kalau mau lebih spesial lagi, hias surat atau puisi itu dengan gambar atau apa pun yang bisa kamu lakukan. Yang jago gambar bisa bikin gambar kalian berdua, atau gambar apa pun yang bisa bikin dia senyum dan senang. Satu yang juga enggak boleh dilupakan, bikin surat atau puisi itu seromantis mungkin, atau selipin unsur humor di dalamnya. Sesuatu yang lucu dan bikin ketawa pasti bakal bikin pacar atau gebetan jadi makin sayang atau jadi naksir sama kamu.Coba deh…

Menulis Surat Cinta yang Baik dan Benar

MERASAenggak romantis atau enggak bisa merangkai kata-kata indah? Tenang aja. Inti dari membuat surat cinta yang membuai bukan pada kelihaian merangkai kata, tapi gimana kita mengekspresikan perasaan terdalam kita dalam bentuk kata-kata.

Enggak perlu yang puitis dengan bahasa cinta yang tinggi.Cukup dengan kata-kata sederhana yang benar-benar kamu rasakan, pasti surat cinta atau puisi cinta bakal jadi indah untuk dibaca dan diresapi. Nah,untuk membantu kamu membuat surat cinta yang ”kamu banget”, ada langkah-langkah yang harus diikuti.

Pertama,

buka mata dan telinga lebar-lebar dan baca sebanyak mungkin surat atau puisi cinta dari orangorang terkenal. Langkah ini bukan untuk menyontek gaya mereka, tapi untuk belajar gimana caranya mengatur kata-kata untuk menimbulkan efek menyentuh di surat kamu. Baca puisi milik orang lain juga bisa ngebantu kita untuk nyari inspirasi dan membuat puisi dengan gaya dan katakata kita sendiri.

Kedua,

apa yang kamu rasakan,itu yang harus kamu tulis.Kalokamu merasa tertarik sama dia karena matanya yang bagus atau karena sifatnya yang superbaik, tulis seperti itu. Enggak usah ribet dengan usaha membuat kata-kata yang indah dan puitis.Tulis aja apa yang ada di hati kamu, yang kamu rasakan. Sesederhana apa pun kata-kata kamu, tapi kalo ditulis dari lubuk hati yang paling dalam, pasti dibacanya enak aja. Ingat, kata-kata sederhana justru terlihat bersahaja, realistis, dan terutama, enggak gombal dan lebay.

Ketiga,

Untuk awal tulisan,mungkin kamu bisa menulis, sejak kapan kamu suka sama dia, di peristiwa seperti apa,dan apa yang paling kamu suka dari dia.Tulis juga, perubahan yang kamu alami setelah kamu suka dan jatuh cinta sama dia.Kalau kamu menunjukkan perubahan yang kamu alami setelah mengenal dia, dia pasti akan tersanjung deh.Ini berlaku buat yang masih ngegebet atau yang sudah pacaran.

Keempat,

Bikin awalan dan penutup surat yang pas.Kalau kamu baru ngegebet, jangan pake kata-kata sayang atau apa pun yang lebay.Cukup dengan kata manis, misalnya, ”untuk Rania, yang memiliki mata seindah bulan”. Sedangkan untuk penutup bisa dengan kata-kata,”dengan kasih yang sepenuh hati,Mario.”

Kelima,

yang merasa punya selera humor bagus,mungkin bisa diselipkan bumbu humor di surat atau puisi kamu. Tujuannya, selain bikin dia senyum dengan kata-kata manis,juga bikin dia senang dengan humor yang wajar.Tapi hati-hati, kalo humornya enggak tepat, malah bisa merusak keseluruhan isi surat atau puisinya.

Keenam,

pakekertas dan tinta yang bagus untuk menulis. Ada baiknya, sebelum menulis di kertas yang bagus, mending tulis dulu di kertas biasa. Setelah yakin, baru tulis di kertas yang sebenarnya. Jangan lupa, cek ejaan tulisan kamu. Jangan sampai ada salah tulis yang bikin dia malah jadi bete atau ngetawain kebodohan kamu.

Ketujuh,

kasih ornamen unik di surat atau puisi kamu. Kamu bisa kasih foto kamu sendiri atau foto kamu berdua. Bisa juga gambar atau apa pun yang mengingatkan momen kamu berdua sama dia. Bisa itu tiket nonton film, tiket nonton pensi, atau bon makanan pas kencan juga enggak apa-apa. Nantinya, kamu tinggal tambahin di akhir surat kamu, ”aku pengendeh,nambahinlagi koleksi bon ini lagi,berdua sama kamu”. Ayo, tulis surat cinta kamu sendiri, sekarang juga! (

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus