Selasa, 10 Februari 2009

POTENSI WISATA KOTA LUMAJANG

Kabupaten Lumajang memiliki berbagai macam obyek wisata dengan panorama alam yang memukau dan masih alami. Keindahan pegunungan, pantai, danau serta obyek wisata lainnya bisa didapatkan di Lumajang. Berikut obyek wisata yang ada di Lumajang :

Selokambang

Lokasi : Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko



Pemandian Alam Selokambang ( sumber air bukan PDAM) terletak di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersoko, jarak tempuh dari kota Lumajang ± 7 Km kearah Barat ± 15 menit perjalanan dapat ditempuh segala macam kendaraan. Merupakan obyek wisata andalan yang dipercaya masyarakat, bahwa mandi di pemandian tersebut dapat menyembuhkan penyakit reumatik.


Aktivitas yang dapat dilakukan selain olah raga renang, juga dapat menikmati sarana permainan anak, berperahu, sepeda air, olah raga tennis.


Berbagai macam kedai yang menjanjikan makanan tradisional siap untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga disamping itu ditunjang areal parkir yang cukup luas dan representatif

Gunung Semeru

Lokasi : Senduro



Puncak Mahameru mempunyai ketinggian ± 3.676 m diatas permukaan laut dengan kawah Jonggring Saloko dipuncaknya, adalah obyek wisata bagi penghobi pendaki dengan kondisi alam yang menantang. Di Puncak Mahameru pada hari besar nasional atau setiap tanggal 17 Agustus dan 10 November dijadikan tempet upacara oleh para pendaki dari berbagai penjuru nusantara didunia sambil menikmati panorama matahari terbit dan panorama matahari tenggelam dari puncak gunung tertinggi di pulau Jawa ini, sebelum mencapai puncak Semeru / Mahameru terdapat hamparan rumput atau safana yang luas dengan kabut tebalnya yang sangat indah

Goa Tetes

Lokasi : Pronojiwo




Goa Tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam.



Terletak di desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo jarak tempuh dari kota Lumajang ± 55 Km ke sebelah Selatan, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua / empat, satu jalur dengan obyek wisata Piket Nol, selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuruni tangga sepanjang ± 3 Km untuk sampai ke mulut goa, dengan medan yang cukup menantang.



Banyak dikunjungi oleh muda mudi dan dipercaya masyarakat dapat mempersatukan kembali keretakan rumah tangga.

Pantai Bambang

Lokasi : Desa Bago Kec.Pasirian



Merupakan obyek wisata pantai dengan ombak besar mencapai 3 sebagai ciri khas pemandangan pantai selatan. Terletak di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 Km jarak dari kota Lumajang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan akses jalan beraspal, dan diyakini masyarakat sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul.


Pantai Watu Pecak

Lokasi : Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian



Di desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian ± 18 Km dari kota Lumajang kearah Selatan dengan jarak tempuh ± 35 menit dari Kecamatan Pasirian, terdapat obyek wisata Pantai Watu Pecak yang berada sebelah Timur Pantai Bambang.

Seperti Pantai Bambang, Pantai Watu Pecak merupakan obyek wisata Pantai Selatan dengan ciri ombak besar dan dipergunakan sebagai tempat upacara Melasti / sesuci bumi umat Hindu Dharma Bali.


Alun-alun Kota Lumajang

Lokasi : Pusat Kota Lumajang





Alun – Alun merupakan Jantung Kota Lumajang, yang juga merupakan paru-paru kota, Luas 6, 025 Ht. dan disekelilingnya terdapat Perkantoran Pemerintahan dan Masjid Agung Anas Mahfut. Pagi hari dipakai olah raga, Malam hari Taman Mini sebagai Wisata Belanja dan Wisata Kuliner.

1 komentar:

  1. Assalamualekum...

    Salam hormat,

    Kami memperkenalkan asem! e-magz. Majalah online yang dapat dibaca dan diunduh langsung dan gratis. asem! e-magz merupakan majalah travelling (catatan perjalanan) dan berbagai hal yang berkaitan dengan industri kreatif. Kali ini, asem! e-magz #1, menyuguhkan tentang Catatan Perjalanan Selama 3 Hari Menyusuri Pantai Selatan Lumajang, Jawa Timur.

    Untuk membaca dan mengunduh asem! e-magz #1, silakan klik link di bawah ini:
    http://issuu.com/anaksemeru/docs/asem_e-magz_edisi1_pantai_selatan_lumajang

    Atau mengunduh/ mendownload lebih mudah, silakan klik link berikut ini:
    MediaFire: http://www.mediafire.com/download.php?yxvzjnknknd
    4Share: http://www.4shared.com/file/141531754/31271bc2/asem_e-magz_edisi1.html

    Komentar, kritik dan saran, silakan kirim ke e-mail kami:
    anak.semeru@yahoo.com

    Kunjungi pula blog kami:
    http://anaksemeru.blogspot.com

    Jika Anda ingin berpartisipasi menjadi kontributor, memasang iklan dengan harga yang murah, mengajak/ mengundang kami untuk meliput potensi wisata daerah Anda atau ingin berbagi hal tentang industri kreatif, silakan kirim via e-mail.

    Kami sangat senang jika Anda adalah sahabat dan menjadi bagian dari kami.

    Terima kasih kami ucapkan atas waktu dan apresiasi Anda. Kami sangat menghargai hal tersebut.

    Wassalam…

    Salam sukses,



    anaksemeru


    info lebih lanjut, hubungi:
    Blog: http://anaksemeru.blogspot.com
    E-mail: anak.semeru@yahoo.com
    HP.: 081336088903 - 085732275885

    BalasHapus